Senin, 14 November 2011

PEMBERKASAN TUNJANGAN PROFESI BAGI GURU RA/MADRASAH TAHAP 2 KUOTA 2006-2009 TAHUN 2011

Bagi Guru RA/Madrasah yang telah lulus sertifikasi guru kuota tahun 2006-2009 dan telah memiliki NRG ( untuk download surat resmi dari kementerian Agama Kabupaten Jepara klik disini SURATPEMBERITAHUAN), segera melakukan pemberkasan guna pencairan tunjangan profesi guru TAHAP 11 tahun 2011. Pemberkasan tersebut meliputi data data sebagaimana berikut :
1. SKMT (surat Keterangan Melaksanakan Tugas) ditandatangani kepala dan pengawas
    a. dibuat dengan berpedoman kepada ketentuan beban kerja, sesuai SK Dirjen Pendis
        Nomor : Dj.I/Dt.1.1/158/2010
    b. Dibuat oleh tiap kepala Madrasah tempat tugas masing-masing.
    c. Diketahui / disetujui oleh Pengawas
    d. Dilampiri jadwal

2. FC. SK Guru tetap yang dikeluarkan oleh Yayasan bagi Guru swasta
3. FC. SK terakhir
4. FC. Sertifikat Pendidik yang dilegalisir LPTK/PT yang ditunjuk.
5. ASLI Surat Pernyataan masih Menduduki Jabatan (SPMJ)
6. Surat Pernyataan
7. FC. Buku rekening BRI
8. FC. kartu NPWP
9. SKBK dan SPMT yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama kabupaten Jepara.
10. Cover => warna pink untuk ra, Merah untuk MI, Hijau untuk MTs, Kuning untuk MA
11. Berkas dikumpulkan ke Mapenda paling lambat tanggal 23 Nopember 2011.

RANGKAP PEMBENDELAN :

- Semester ganjil tahun 2011/2012 = 3 bendel
CARA PEMBENDELAN
- Bendel 1 berkas nomor 1 s/d 9
- Bendel 2 dan 3 nomor 3 s/d 9

Format diatas dapat anda dapatkan disini =>  download

Sabtu, 12 November 2011

KISI-KISI ULANGAN SEMESTER GASAL (UAS) MATEMATIKA TAHUN 2011

MATERI ULANGAN  SEMESTER  GASAL MATEMATIKA
KISI-KISI SOAL

download lengkapnya di download


berikut contohnya untuk kelas x SMA/MA

NO
SK
KD
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
JUMLAH SOAL
1
SK.1
1.    KD.1



2.    KD.2
·       Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
·       Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar
·       Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
·       Merasionalkan bentuk akar
·       Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.
·       Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma
PG




1
1
1
1
1
1
2
SK.2
1.    KD.1

2.    KD.2


3.    KD.3

4.    KD.4

5.    KD.5

6.    KD.6
·       Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.
·       Menggambar grafik fungsi kuadrat
·       Menentukan definit positif dan definit negatif
·       Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana
·       Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.
·       Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
·       Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
·       Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat
·       Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
·       Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
·       Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadarat
PG







1
1
1
1
1
1
1
1
2
1

1










 

KEPUTUSAN KEMENTERIAN AGAMA NOMOR 73 TAHUN 2011

Isinya kira-kira sebagai berikut :
Berkas Persyaratan Pencairan Sertifikasi Profesi tahun 2011
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 73 Tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Profesi dan Bantuan Tunjangan Profesi Guru/Pengawas Dalam Binaan Kementerian Agama, dalam pokok dan isi surat adalah hampir sama seperti pencairan tunjangan profesi dan bantuan tunjangan profesi guru/pengawas pada tahun 2010,.Hal ini dijelaskan dalam lampiran SK Kemenag RI No. 73 tahun 2011.
Adapun berkas persyaratan pencairan tunjangan yang harus di kumpulkan adalah:
BERKAS PENCAIRAN BTP (ditempel pada Halaman Stop map)
1. SKBK (ditanda tangani Kepala Kankemenag) dimasukan map asli
2. Foto copy sertifikat Pendidik dilegalisir oleh LPTK/PT 1 Lembar copy 2 lb
3. Foto copy dilegalisir Kepala RA/Madrasah/ Sekolah SK Pembagian Tugas, Jadwal Pelajaran (nama guru ybs di stabilo)
4. SKMT (ditanda tangani Kepala RA/Madrasah/ Sekolah dan Penagawas PAI)
5. SKBK (ditanda tangani Kepala RA/Madrasah/ Sekolah)
6. Foto copy dilegalisir SK terakhir/SK Berkala terakhir bagi PNS (sebagai dasar penetapan besaran BTP)
7. Foto copy dilegalisir SK GT Yayasan ( bagi Non PNS)
8. surat pernyataan bermeterai Rp. 6000,-
9. Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT)
10. Surat Pernyataan Masih Menduduki Jabatan (SPMJ) dibuat oleh Kepala Sekolah/RA/Madrasah
11. SPTJM (surat pernyataan tanggungjawab mutlak)
12. foto copy rekening BRI yang masing aktif atas nama guru ybs ( no rekening dan nama terbaca dengan jelas)
Keterangan :
a. Berkas di buat rangkap 2 yang 1 bendel asli dimasukan dalam 2 stop map
b. Foto copy rekening rangkap 5 dimasukan stop map asli
c. Saldo rekening pada bulan Juni minimal 50.000,-
d. Warna stop map :
1. PNS warna merah
2. Non PNS warna biru
Lain-lain
1. Belum berusia 60 Tahun per Januari 2011
2. Mata Pelajaran sesuai dengan sertifikat pendidik
3. Beban Kerja minimal 24 JTM
4. Mapel pada SATMINKAL minimal 6 JTM dan penugasan di SATPEN lain dilampiri : Surat Tugas dari Atasan langsung ( Ka. Kankemenag ) bagi PNS, ijin mengajar dari Ketua Yayasan Induk (bagi Non PNS)
5. JTM karena Tugas Tambahan dilampiri SK
6. Tugas Tambahan yang dihitung adalah Kamad, Waka, Ka.Perpustakaan, Ka.Lab.

SK TERSEBUT BISA LANGSUNG BISA DIUNDUH DI : download

PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER BANGSA DAN PENDIDIKAN BUDAYA

Menurut UU No 20 Tahun 2003 Pasal 36 Ayat 1 dan 2 Implementasi dari tujuan pendidikan tersebut, salah satunya ditentukan melalui pengembangan kurikulum berdasarkan standar nasional pendidikan dan berdasrakan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.

Kurikulum diimplemetasikan untuk mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pendidikan formal. Kurikulum adalah pedoman yang akan dipakai oleh guru dalam melakukan pembelajaran di sekolah dalam membuat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan sistem penilaian yang akan di gunakan.
Memahami esensi dasar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) bahwa KTSP dikembangkan berdasarkan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Dalam pelaksanaannya, kurikulum ini dibuat oleh guru di setiap satuan pendidikan dan lebih disesuaikan dengan kondisi setiap daerah yang bersangkutan serta memungkinkan untuk memperbesar porsi muatan lokal.
Salah satu komponen yang mengacu pada prinsip tersebut adalah perencanaan proses pembelajaran yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
Mempersiapkan RPP adalah hal sangat penting dan harus dipenuhi oleh guru sebelum melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM). Karena dalam prangkat RPP telah diperjelas mengenai tujuan instruksional, perencanaan bahan, perencanan alat, metode, dan prosedur-prosedur pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, dalam pelaksanaannya dilapangan masih banyak guru yang tidak melaksanakan perosedur membuat RPP sebelum melaksanakan proses belajar mengajar.   
PENDIDIKAN KARAKTER 
Apa itu pendidikan karakter? 
Pendidikan karakter adalah gerakan nasional menciptakan sekolah yang mendorong etika, 
bertanggung jawab dan peduli orang muda dengan pemodelan dan mengajarkan karakter baik melalui penekanan pada nilai-nilai yang universal yang kita semua. Ini adalah usaha, sengaja proaktif oleh sekolah, kabupaten dan negara-negara untuk menanamkan nilai-nilai penting inti mereka siswa etis seperti merawat, kejujuran, keadilan, tanggung jawab dan menghormati diri dan orang lain. Pendidikan karakter tidak "cepat memperbaiki "Ini menyediakan solusi jangka panjang yang membahas moral, etika dan akademik. tumbuh perhatian masyarakat kita dan kunci keamanan sekolah kita.
Mengapa kita membutuhkan pendidikan karakter?
Seperti Dr Thomas Lickona, penulis Mendidik untuk Karakter, menyatakan, "pendidikan moral tidak ide baru. Hal ini, pada kenyataannya, setua pendidikan itu sendiri. Turun melalui sejarah, di negara-negara seluruh dunia, pendidikan memiliki dua tujuan besar: untuk membantu orang muda menjadi cerdas dan untuk membantu mereka menjadi baik "karakter yang baik adalah tidak terbentuk secara otomatis, melainkan dikembangkan dari waktu ke waktu melalui proses berkelanjutan dari pengajaran, pembelajaran contoh, dan praktek. Hal ini dikembangkan melalui pendidikan karakter. Ajaran disengaja karakter yang baik adalah sangat penting dalam masyarakat saat ini karena kesempatan muda menghadapi banyak kita dan diketahui generasi sebelumnya bahaya. Mereka dibombardir dengan banyak lebih negatif  pengaruh melalui media dan sumber eksternal lain yang lazim dalam budaya saat ini. Pada saat yang sama, ada banyak hari-hari tekanan menimpa pada waktu orang tua dan anak-anak telah bersama-sama. Studi menunjukkan bahwa anak-anak hanya menghabiskan 38,5 menit seminggu (33,4 jam per tahun) dalam percakapan yang berarti dengan orang tua mereka, sementara mereka menghabiskan 1.500
jam menonton televisi. (American Family Research Council, 1990 dan Harper, November 1999.) Sejak anak-anak menghabiskan sekitar 900 jam setahun di sekolah, adalah penting bahwa
melanjutkan sekolah peran proaktif dalam membantu keluarga dan masyarakat dengan merawat berkembang, menghormati lingkungan dimana siswa belajar inti, nilai-nilai etis. Dalam rangka menciptakan kita  sekolah sebagai masyarakat peduli dan hormat kita tahu mereka bisa, kita harus melihat lebih dalam. Kita harus disengaja, proaktif dan komprehensif dalam pekerjaan kami untuk mendorong pengembangan karakter yang baik pada orang muda.
Bagaimana karakter kerja pendidikan?
Agar efektif, pendidikan karakter harus mencakup seluruh komunitas sekolah dan harus diresapi seluruh kurikulum seluruh sekolah dan budaya. Mempromosikan pendidikan karakter inti nilai-nilai dalam semua fase kehidupan sekolah dan termasuk strategi proaktif dan praktik yang membantu anak-anak tidak hanya memahami nilai-nilai etika inti, tapi untuk peduli dan bertindak atas mereka. Berdasarkan penelitian oleh para ahli terkemuka bangsa pendidikan karakter, Sebelas CEP Prinsip Pendidikan Karakter Efektif , Memberikan pedoman bagi unsur yang dibutuhkan untuk efektif, pendidikan yang komprehensif karakter.
1. Mempromosikan nilai-nilai inti etis.
2. Mengajar siswa untuk memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etika inti.
3. Mencakup semua aspek dari budaya sekolah.
4. Menumbuhkan komunitas sekolah peduli.
5. Menawarkan kesempatan untuk tindakan moral.
6. Mendukung prestasi akademik.
7. Mengembangkan motivasi intrinsik.
8. Termasuk keterlibatan seluruh staf.
9. Memerlukan kepemimpinan yang positif dari staf dan mahasiswa.
10. Melibatkan orang tua dan anggota masyarakat.
11. Menilai hasil dan berusaha untuk memperbaiki.
 Berikut dibawah ini adalah perangkat pembelajaran berbasis karakter bangsa dan nilai budaya bangsa. perangkat tersebut meliputi :
1. Penentuan KKM
2. SK dan KD
3. Penyebaran SK dan KD
4. Silabus 
5. Prota
6. Promes
7. RPP
Perangkat pembelajaran tersebut untuk SMA/MA, adapun mata pelajarannya adalah 
1. Matematika => klik disini untuk download MATEMATIKA

ARD (Aplikasi Raport Digital) MADRASAH

ARD (Aplikasi Raport Digital) Dibawah ini kami shareng juknus terkait RAPORT Online, untuk lebih singkatnya silahkan unduh link dibaw...